Senin, 29 Oktober 2012

Desa Wolotopo : Situs Warisan Megalitikum yang Masih Terjaga di Ende



Begitu mendekati Desa Wolotopo, dari kejauhan nampak perkampungan Wolotopo yang antik di atas lereng bukit lengkap dengan tumpukan batu yang disusun tinggi sebagai penyokong bangunan. Setibanya di desa ini, tentu saja suguhan wisata desa adat dan sejarah akan menjadi suatu pengalaman yang penuh kesan. Budaya dan adat masih begitu kental terasa di kawasan perkampungan tradisional ini. Belum lagi pemandangan dan keunikan arsitektur bangunan tua yang masih terjaga dan lestari hingga hari ini. 
 
Anak-anak tampak bermain di halaman bersama yang berada ditengah-tengah sejumlah rumah. Tampak batu-batu menhir di halaman yang tidak terlalu luas tersebut. Ibu-ibu rumah tangga menyibukkan diri dengan menenun kain ikan khas Flores yang indah dengan beragam motif dan warna. Anda dapat menyaksikan kegiatan mereka menenun dengan cara dan alat yang tradisional. Anda tentunya dapat membeli kain ikat tersebut di desa ini dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang ada di toko. 
Pusat dan tempat utama yang wajib dikunjungi setibanya di Desa Wolotopo adalah tentu saja kawasan di atas bukit dimana terdapat rumah adat kuno dan kuburan kuno lengkap dengan menhir dan batu sesajinya. Setibanya di atas bukit ini, nuansa sakral dari tempat yang kerap menjadi tempat diadakannya upacara adat ini akan berpadu dengan keindahan alam yang memesona. 
 
Memandangi Matahari terbit dan tenggelam dari bukit ini sudah menjadi buah bibir di kalangan wisatawan karena keindahannya. Pemandangan pemukimam Wolotopo di bawahnya juga cukup menarik untuk diabadikan baik dengan kamera Anda atau sekedar disimpan dalam kotak ingatan. Keindahan alam tersebut dibingkai pula dengan pemandangan ke lepas pantai selatan. Gunung Iya yang berdiri anggun di tengah laut Flores adalah keindahan lain yang turut menambah-nambah pesona desa wisata Wolotopo.
 Wolotopo juga berada hanya sekira 6 kilometer dari Desa Ndona. Desa ini sangat populer karena produksi tenun ikatnya. Ada Pantai Mbu U yang terletak di Kecamatan Ndona. Di pantai ini, pemandangannya juga indah meliputi menyaksikan Gunung Meja, Gunung Iya, serta Pulau Koa, atau menyaksikan Matahari tenggelam.

0 komentar:

Poskan Komentar